Covid-19 ; DPRD Kota Bandung Harap Perusahaan Tidak PHK Pekerja

Reporter: Administrator | Jumat, 1 Mei 2020 | 23:26 WIB

Kota Bandung, prianganpos.com - DPRD Kota Bandung mengimbau perusahaan-perusahaan tidak melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), di tengah pandemi Covid-19. Sehingga dapat lebih dulu melakukan langkah -langkah yang lebih bijak.
“Kami berharap perusahaan tidak melakukan PHK lebih dahulu, sehingga tetap dipekerjakan. Bisa dengan musyawarah bipartit lebih dulu,” ungkapnya pada Rapat Kerja dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung terkait Ketenagakerjaan Pascapenerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), di Gedung DPRD Kota Bandung, Jln. Sukabumi, Kota Bandung, Kamis (30/4/2020).
Menurutnya, perusahaan dapat tetap mempekerjakan karyawan, dengan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Kendati digaji tidak penuh, namun tidak terlalu menjadi beban kepada karyawan.
Diakuinya, sektor yang terdampak Covid-19 di antaranya perhotelan, restoran dan padat karya. Banyak hotel dan restoran yang tutup sementara di tengah masa pandemi.
“Industri padat karya atau garmen juga terdampak pandemi Covid-19. Ini yang perlu kita antisipasi, karena pekerjanya yang cukup banyak,” ujarnya.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Disnaker Kota Bandung, Arief Syaifudin menuturkan, sejumlah pengusaha hotel dan restoran, mengaku kesulitan dengan kondisi saat ini. Termasuk membayar gaji bagi para karyawan.
Dengan demikian, pihaknya berupaya mendorong dan melakukan musyawarah dengan perusahaan-perusahaan tersebut, termasuk dari sektor garmen agar para karyawan tidak di-PHK.
“Perusahaan yang tutup sementara kebanyakan perhotelan, maka kita dorong agar tetap berjalan dan tidak melakukan PHK kepada karyawan,” tambahnya. 

Bagikan melalui: