210729124443-dirka.jpg

(Foto: Zona Bandung)

Dirkamtib Ditjen PAS Berikan Penguatan Terhadap Kepala UPT Se Provinsi Lampung

LAMPUNG, PRIANGANPOS.COM - Divisi Pemasyarakatan beserta Kepala UPT di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung mengundang Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjen Pemasyarakatan, Abdul Aris untuk memberikan penguatan kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan se Provinsi Lampung secara virtual, Selasa, 27/07/2021.

Kegiatan itu dibuka Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Lampung, Farid Junaedi yang dihadiri seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan di Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung. Pada kesempatan tersebut,

Dirkamtib, Abdul Aris menyampaikan bahwa keamanan dan ketertiban merupakan kunci sukses pemasyarakatan. Untuk itu kewaspadaan dan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban perlu dilakukan untuk melakukan tindak pencegahan dan penanganan masalah yang tepat.

Terlebih pada masa pandemi ini, kasus penggrebegan terkait covid, Warga binaan yang kabur, penggagalan penyelundupan narkoba, dan dokumentasi permasalahan lama tentang pejabat Pemasyarakatan yang terjerat narkoba akhir-akhir ini menjadi viral di media sosial dan mencoreng nama pemasyarakatan, ucap Aris.

Dirjen Pemasyarakatan juga menegaskan untuk tidak mentolerir segala bentuk keterlibatan pegawai Pemasyarakatan dalam Kasus narkoba.

Selain itu, pemberitaan negatif yang dapat mencoreng nama Pemasyarakatan juga harus lebih diperhatikan, pungkasnya. Dirkamtib juga mengingatkan untuk tidak menganggap remeh warga binaan dan selalu meningkatkan kewaspadaan petugas UPT.

Melakukan inventaris barang yang keluar dan masuk UPT untuk menghindari terjadinya kehilangan barang yang dapat berpotensi mengganggu keamanan seperti peralatan tukang dan lain sebagainya. Meskipun harus waspada, bukan berarti tidak memberikan pelayanan yang baik bagi warga binaan.

Pelayanan terhadap warga binaan seperti makanan yang layak, fasilitas pengobatan, remisi, asimilasi, dan pelayanan lainnya juga harus dipastikan baik, tutur Aris.

Aris menambahkan Untuk memastikan kualitas pelayanan makan warga binaan, Kepala UPT dapat langsung melakukan tinjauan dapur dan memeriksa apakah makanan yang akan dibagikan layak dan sehat. Peralatan makan juga harus dipastikan bersih.

Bagi warga binaan yang sakit, petugas UPT juga harus memberikan pelayanan pengobatan yang layak, jika perlu dirujuk ke Rumah Sakit dengan tetap mengutamakan protokol keamanan seperti penjagaan dan borgol. Selain pelayanan - pelayanan tersebut, pelayanan seperti remisi dan asimilasi juga harus dipastikan tepat perhitungannya.

Dirkamtib berpesan untuk senantiasa memberikan pelayanan yang baik kepada seluruh warga binaan tanpa diskriminasi. Dirkamtib sangat mengapresiasi Divsi Pemasyarakatan dan UPT Lampung karena telah aktif melakukan pemeriksaan dan terus melakukan tindak antisipasi sehingga pemberitaan miring berkurang.

Divisi Pemasyarakatan dan UPT se Provinsi Lampung dapat terus meningkatkan kinerja dan berkolaborasi untuk saling support dalam menjaga nama baik Pemasyarakatan.

Dalam berkolaborasi, diharapkan masing-masing pihak dapat meredakan ego sektoral dan meningkatkan komunikasi. Sehingga Pemasyarakatan Lampung dapat meningkatkan pelayanan masyarakat lebih baik lagi di masa mendatang, terang Aris.***

Penulis/Pewarta: Tim Priangan Pos
Editor: Ibnu
©2021 PRIANGANPOS.COM

TAGS:

Komentar