Bulgan Alamin, Pentingnya Revitalisasi PR Sekolah untuk Keterbukaan Informasi Publik

Bandung Raya - Rabu, 13 Oktober 2021

211013095547-bulga.jpeg

Foto: Tego

Acara Penatakelolaan Sekolah Berbasis Regulasi untuk Kepala Sekolah SMP se-Kota Bandung

BANDUNG, PRIANGANPOS.COM - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Bandung menggelar Penatakelolaan Sekolah Berbasis Regulasi untuk Kepala Sekolah SMP se-Kota Bandung, di Hotel Savoy Homan Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Selasa (12/10/2021).

Kegiatan yang dihadiri sekitar 75 kepala sekolah SMP se-Kota Bandung ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

Ketua MKKS SMP Kota Bandung, Agus Deni menjelaskan, tujuan acara ini untuk meningkatkan kompetensi kepada sekolah khususnya Penatakelolaan Sekolah Berbasis Regulasi.

Dalam kesempatan tersebut, panitia menghadirkan beberapa narasumber yaitu, Kepala Dinas Pendidikan, Saber Pungli, Kejari Kota Bandung serta dari Forum Wartawan Bandung Juara (FWBJ) yakni, Dr. Bulgan Alamin dan Herdy, M.Sn.

Bulgan memaparkan, ada beberapa poin yang harus dikuasai dan diperbaharui pihak sekolah terkait keterbukaan informasi. Kesiapan pihak sekolah untuk menjawab request atau permintaan masyarakat terkait informasi sekolah tersebut adalah hal yang harus segera ditingkatkan.

"Khusus untuk media infomasi, harus dibuat wadah yang bersifat cepat dipublikasikan, tepat sasaran dan mudah diakses", ujar Bulgan.

Bulgan menambahkan, pihak sekolah bisa berkoordinasi dengan FWBJ terkait persoalan yang menyangkut pemberitaan. Pihak FWBJ akan siap membantu jika pihak sekolah ingin mengkonversi data menjadi informasi berbasis jurnalistik sehingga bisa dicerna oleh masyarakat umum.

Sebelum sesi pemaparan, Herdy dari FWBJ mengajak peserta untuk "ice breaking" dengan permainan yang dibawakan secara ringan tapi menyenangkan. Terbukti para peserta antusias disertai gelak tawa dan suasana pun mencair.***

Penulis/Pewarta: Tim Priangan Pos
Editor: Ibnu
©PRIANGANPOS.COM 2021