Coca-Cola Europacific Partners dan Warga Gelar Berbagai Kegiatan pada Hari Menanam Pohon Indonesia

Peristiwa - Rabu, 24 November 2021

211124154659-coca-.jpg

Foto: Istimewa

RANCAEKEK, PRIANGANPOS.COM - Dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia pabrik Sumedang melaksanakan rangkaian kegiatan bersama komunitas SGRA melalui program Football for Forest serta komunitas Srikandi Sungai Indonesia.

Football for Forest ini merupakan inisiasi CCEP Indonesia, yakni kegiatan SGRA berbasis latihan sepak bola yang disertai gerakan tanam pohon untuk menanamkan perilaku sadar lingkungan sejak usia dini. Pada 31/10/2021, SGRA menggelar friendly match dengan komunitas sepakbola Jelegong di wilayah Kab.Bandung dilanjutkan penanaman pohon dan aksi clean-up.

Ratusan bibit tanaman keras dan tanaman produktif seperti bibit pohon albasiah, surian, mahoni, loa, bibit pohon pepaya california dan cabe rawit ditanam bersama-sama dengan Pemerintahan Desa Jelegong, komunitas Bandung Bedas Bersih Sampah (BBBS), Karang Taruna Jelegong, tokoh masyarakat RW 06 Jelegong Rancaekek Kab. Bandung. Lokasi penanaman pohon di area bantaran Sungai Cimande dan area lapangan sepakbola.

Di Tasikmalaya, CCEP Indonesia melalui Coca-Cola Forest mendonasikan bibit pohon kepada komunitas Srikandi Sungai Indonesia (SSI) yang juga merayakan HUT SSI ke-2 di Bumi Perkemahan Curug Badak, Desa Sundakerta, Kecamatan Cisayong, (14/11).

SSI menerima donasi 1250 bibit mahoni, albasiah, surian dan loa dan donasi tempat sampah terpilah dari CCEP Indonesia yang diserahkan kepada pemerintahan Desa Guranteng. Bibit ini ditanam bersama masyarakat di area lahan kritis agar lingkungan kembali hijau serta menjadi sumber mata air bagi masyarakat, tentu semua ini akan kami sedekahkan sebagai wujud tanggung jawab kami dalam membina masyarakat agar peduli lingkungan, ujar Tjitjih Kurniasih pimpinan SSI yang akrab dipanggil Bunda Nia.

Komunitas SSI terdiri dari pelajar dan mahasiswa itu dijejali dengan ilmu agar memiliki kepedulian besar terhadap lingkungan melalui program sharing santuy. Pembicara dari Universitas Siliwangi, Universitas Perjuangan, BPBD Kab. Tasikmalaya serta Abah Asep Hidayat selaku tokoh peduli lingkungan ikut memberikan materi dan sebagai pembina dari Srikandi Sungai Indonesia.

Peringatan hari menanam pohon untuk kami selalu dilakukan di berbagai kesempatan, bukan hanya menjadi peringatan semata. Melalui Coca-Cola Forest CCEP Indonesia melakukan banyak kolaborasi dengan warga dan komunitas untuk membantu konservasi alam lahan kritis di wilayah Jawa Barat, ujar Nurlida Fatmikasari, Regional Corporate Affairs Manager CCEP Indonesia.

Coca-Cola Forest di pabrik CCEP Indonesia yang terletak di Sumedang telah beroperasi sejak 2015. Merupakan program sustainability yang memiliki 4 program utama, yakni pembibitan untuk donasi penanaman pohon; pengelolaan sampah melalui pembuatan kompos, daur ulang PET bekas sebagai pengganti polybag; pengembangan masyarakat dan edukasi secara proaktif kepada komunitas melalui Fun Learning Studio. ***

Penulis/Pewarta: Muhamad Basuki
Editor: Ibnu
©PRIANGANPOS.COM 2021