Per Hari Ini Jabar Bebas Dari Pasen Corona Baru

Reporter: Administrator | Jumat, 1 Mei 2020 | 23:38 WIB

Bandung, prianganpos.com - Setelah berbagai upaya telah dilakuakan untuk mencegah atau memutus rantai penyebaran pandemi virus corona khususnya wilayah Jawa Barat,  kabar baik kembali muncul. Dimana setelah lonjakan pasien sembuh, per hari ini tidak ada penambahan pasien baru positif COVID-19.

Data itu terlihat dari laman Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat (Pikobar). Informasi terbaru, Jumat (1/5/2020), pukul 18.13 WIB, tidak ada penambahan jumlah kasus atau masih pada angka 1.012 orang seperti data kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jawa Barat Berli Hamdani membenarkan tidak adanya penambahan kasus positif COVID-19 per hari ini. "Alhamdulilah tidak ada penambahan kasus," kata Berli kepada detikcom via pesan singkat.Sedangkan untuk pasien sembuh, jumlahnya kini bertambah 2 orang menjadi 145 orang dari data sebelumnya 143 orang. Sementara yang meninggal di angka 83 orang.

Meski tidak ada penambahan kasus baru, Gugus Tugas tak ingin jemawa. Berli mengatakan Pemprov Jabar akan tetap mewaspadai bilamana besok kembali ada penambahan.

"Kita masih melihat 2-3 hari ke depan. Tapi mudah-mudahan saja memang Jabar sudah menurun berkat upaya masif yang dilakukan semua pihak," katanya.

Upaya yang dimaksud salah satunya dengan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Menurut Berli, PSBB berdampak positif untuk penekanan jumlah kasus COVID-19 di Jabar.

Sejauh ini, ada sejumlah daerah di Jabar yang menerapkan PSBB yaitu kawasan Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi) dan kawasan Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang dan Kota Cimahi).

"Berdasarkan monitoring dan evaluasi di minggu satu dan dua Bodebek grafik penambahan kasus sudah mulai mendatar di akhir minggu kedua. Kalau PSBB Bandung Raya belum bisa dinilai sampai paling tidak hari Minggu tanggal 3 Mei 2020," kata Berli.

Bagikan melalui: