Hendra Guntara : Berikan Edukasi dan Informasi Pemutusan Mata Rantai Covid-19

Reporter: Administrator | Minggu, 10 Mei 2020 | 00:45 WIB

 

www.prianganpos.com Kota Bandung Indonesia sekuat tenaga mengatasi pandemi virus corona Covid-19. Aturan, Imbauan, hingga payung hukum terus dikeluarkan. Pasalnya Severe Acute Respiratory Syndrome Virus (SARS-CoV-2) sebagai Virus penyebab COVID-19 mulai tersebar di Indonesia pada 03 Maret 2020, setelah dua pasien dinyatakan positif dan dikonfirmasi secara langsung oleh Pemerintah Indonesia melalui konferensi pers yang disampaikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Penyebarannya begitu pesat sehingga membuat Pemerintah kalang kabut untuk menghadapinya, kondisi tersebut mematikan perekonomian di Indonesia bahkan seluruh dunia, beberapa langkah kebijakan pun coba diambil oleh Pemerintah pusat. Langkah yang pertama dilakukan adalah seruan untuk berada dirumah atau “Stay at Home”, hal ini mengakibatkan beberapa aktifitas pekerjaan dan sekolah menjadi lumpuh.


Dalam memantau sejauh mana efektivitas imbauan Pemerintah ini dilaksanakan oleh masyarakat, Pemerintah kiranya dapat melakukan kerja sama dengan seluruh elemen, khususnya operator seluler yang ada di Indonesia untuk mengamati pergerakan masyarakat, tentunya tanpa menembus ranah privasi seseorang. Karena mengingat berbagai penelitian menyampaikan bahwa pengguna telepon genggam di Indonesia melebihi jumlah penduduk yang ada, sehingga bisa dikatakan bahwa hampir semua penduduk di Indonesia memiliki ponsel. Tentunya, ini bisa menjadi sebuah keuntungan yang dapat dimanfaatkan secara positif oleh Pemerintah dalam menangani pandemik COVID-19 yang terjadi saat ini. Pemerintah dan Aparat yang berwajib, dapat mendeteksi pergerakan COVID-19 dan melakukan tindakan-tindakan preventif sejak dini.

Salah satu bentuk upaya upaya mendukung Pemerintah dalam memutus mata rantai pergerakan COVID-19, DPD KNPI Kota Bandung bekerja sama dengan Kemenkominfo RI dan IKANO Unpad menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema “Aplikasi Peduli Lindungi dalam Mitigasi Memutus Mata Rantai COVID-19” pada hari Jum’at, 08 Mei 2020 melalui Aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan Webinar Nasional ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi terkait pemanfaatan Aplikasi Peduli Lindungi dalam Mitigasi dan Memutus Mata Rantai COVID-19, yang dibuka oleh Bapak Yana Mulyana selaku Wakil Wali Kota Bandung dan dihadiri oleh ratusan orang dari berbagai latar belakang profesi dan daerah yang berbeda-beda dengan narasumber:

* Keynote Speech Johny G.Plate (Menteri Kominfo RI)
* Prof. Dr. H. Ahmad M. Ramli, S.H., M.H., FCB.Arb (Dirjen PPI Kominfo RI)
* Dr. Faizal Rochmad Djoemadi,M.Sc. (Direktur Digital Business PT.Telkom Indonesia)
* H.M Farhan,S.E.. (Anggota Komisi I DPR RI)
* Indra Maulana,S.H.,L.L.M (Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama Ditjen PPI Kominfo RI)
* Dr. Komang Budi Aryasa (Head of Platform and Enabler PT.Telkom Indonesia)

* Dr.Ranti Fauza Mayana,S.H. Dosen FH Unpad / Ketua IKANO Unpad

Ketua DPD KNPI Kota Bandung, Kang Hendra Guntara menyampaikan bahwa selain kegiatan Webinar Nasional ini, atas kesadaran untuk membantu sesama, DPD KNPI Kota Bandung dibantu oleh DPK KNPI dan OKP se-Kota Bandung telah melakukan beberapa hal secara langsung turun ke lapangan dalam membantu Pemerintah memutus mata rantai COVID-19 ini. Seperti, penyemprotan disinfektan di setiap kewilayahan, pembagian (Alat Pelindung Diri) APD ke tenaga medis dan memberi bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak oleh COVID-19.

IKANO UNPAD menyambut baik kerjasama penyelenggaraan Webinar Nasional ini yang merupakan bentuk ikhtiar bersama dalam memberikan informasi dan edukasi penting bagi masyarakat sekaligus forum diskusi dan kordinasi terkait langkah-langkah strategis penanganan pandemi COVID-19.

Sementara Dr. Ranti Fauza Mulyana SH selaku Ketua IKANO Unpad menyampaikan bahwa langkah-langkah strategis yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk memutus penyebaran dan menekan eskalasi COVID-19, seperti Physical distancing, Work from home, Study from home, dan ditindaklanjuti dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hanya dapat berhasil dengan kepatuhan, dukungan, kesadaran serta partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat, demi kebaikan, keselamatan dan kepentingan bersama di masa darurat kesehatan global.

Hegun berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan Webinar Nasional ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat luas, khususnya pengguna Gadget, yang mana masyarakat mayoritas di Indonesia, untuk ikut serta mendukung program Pemerintah dalam memutus mata rantai COVID-19. “Dengan semangat kolaborasi dan gotong royong, kita semua pasti bisa menang melawan COVID-19 ini”. Ujar Hegun.

Prof. Dr. H. Ahmad M. Ramli, S.H., M.H., FCB.Arb selaku Dirjen PPI Kominfo RI menitik beratkan pada pentingnya kerjasama dalam menghentikan penyebaran COVID-19 ini. Berbagai cara harus ditempuh agar COVID-19 segera berlalu. Salah satunnya dengan pemanfaatan teknologi seperti Aplikasi PeduliLindungi. (Tn)

Bagikan melalui: