Tisna Umaran : Daring Jangan Membosankan, Nanti Jadi Boring

Reporter: Administrator | Minggu, 13 September 2020 | 15:53 WIB

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Tisna Umaran

www.prianganpos.com BANDUNG - Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019, di seluruh dunia. Dampaknya pembelajaran harus pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau dalam jaringan (daring).

Begitu pula, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Tisna Umaran mengajak seluruh elemen baik pemerintah, sekolah, hingga orang tua untuk mencari solusi terkait dengan PJJ atau daring.

Menurutnya, belum ada yang mengetahui kapan Pandemi Covid-19 akan berakhir. Sehingga metode PJJ harus dibuat semenarik mungkin agar tidak membosankan.

“Dilihat kondisi di lapangan, kalau memungkinkan tatap muka itu dipersilahkan. Kalau belum ya kita daring. Tapi daring ini jangan membosankan, nanti jadi luring, daring, boring,” kata dia saat ditemui di Hotel Sultan Raja and Convention Centre, Bandung, Minggu (13/9/2020).

Ia menambahkan, solusi tersebut harus segera ditemukan agar setiap elemen di dunia pendidikan merasa nyaman dan pembelajaran bisa dilakukan secara maksimal.

“Kita belum bisa memastikan kapan berakhir, tapi pembelajaran harus terus oleh karena itu, metode terkait pembelajaran harus dicari supaya nyaman bagi guru, siswa dan orang tua,” jelasnya.

Selain itu, ia pun menyoroti kebijakan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dinilainya harus bisa disesuaikan dengan kondisi setiap daerah di Indonesia.

Karena di lapangan, terjadi berbagai macam kendala khususnya di bidang infrastruktur.

Sebelumnya diketahui, Kemendikbud mewacanakan bakal memberikan kuota gratis bagi siswa agar dapat mengikuti pembelajaran secara dalam jaringan atau daring.

“Hal-hal yang seperti itu harus dibicarakan dengan daerah, apalagi kebijakannya pusat. Jadi kebijakan dari pusat harus ada kelenturan disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing,” ungkapnya.

Tisna Umaran : Daring Jangan Membosankan, Nanti Jadi Boring

Bagikan melalui: