210407102117-cibeu.jpg

Camat Cibeunyingkidul, Aris Rusdianto. (Foto: Istimewa)

Cibeunying Kidul Targetkan 100% Bebas Buang Air Besar Sembarangan

BANDUNG, PRIANGANPOS.COM - Camat Cibeunyingkidul, Aris Rusdianto menyebutkan secara keseluruhan program ODF dari enam kelurahan yang ada di Cibeunyingkidul sudah berjalan 72%. Karenanya untuk mengejar target, dilakukan beberapa upaya untuk mempercepat program ini.

Hal tersebut diungkapkan Camat saat dikunjungi awak media, Kamis (25/3/2021). Aris menambahkan, pihaknya terus mengejar agar target tersebut dapat tercapai.

"Kita memadukan kegiatan yang bisa dilakukan untuk percepatan program ini. Seperti tadi ada pengecekan kembali data untuk klasifikasi masyarakat yang tidak mampu membuat septic tank dan masyarakat yang bisa membuat mandiri," lanjut Aris.

Di samping adanya Covid-19, Aris mengatakan, ketersediaan dana dan kesadaran masyarakat juga merupakan kendala yang ada.

"Inilah tugas kita bagaimana caranya mengedukasi masyarakat bahwa membuang air besar sembarangan itu berbahaya,” tambahnya.

Di Cibeunying Kidul, bentuk realisasi program ODF ini dengan membangun septic tank komunal maupun mandiri.

Kota Bandung diketahui menargetkan 100% ODF pada 2020. Namun hal tersebut sempat terganggu akibat pandemi Covid-19. 

Tak hanya itu, saat ini berbagai kecamatan di kota Bandung mulai bergeliat kembali untuk mewujudkan target 100% program Open Defecation Free (ODF). ***

Penulis/Pewarta: Tuti Suhartati
Editor: Ibnu
©2021 PRIANGANPOS.COM

Komentar