210411144736-bekob.jpg

(Foto: Moelyadi)

Berkobar, Inovasi Warga RW 15 Cicadas Atasi Keterbatasan Dana Posyandu

BANDUNG, PRIANGANPOS.COM - Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kecamatan Cibenyingkidul, Aneu Hilmi menjelaskan fungsi posyandu sebagai usaha kesehatan berbasis masyarakat (UKMB) yang dilaksanakan oleh, bersama, dan untuk masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan dasar masyarakat.

Di wilayah kecamatan, pembinaan Posyandu dilakukan bersama oleh TP PKK Kecamatan atau Kelurahan, Puskesmas, dan Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Posyandu yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Camat.

Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kecamatan Cibenyingkidul, Aneu Hilmi. (Foto: Mulyadi)

Dalam pelaksanaannya, Posyandu membutuhkan dukungan dana yang memadai. Hanya saja, fakta di lapangan saat ini umumnya posyandu belum memiliki dukungan dana operasional yang mencukupi. Dan dirinya mengapresiasi kreasi dan inovasi warga, salah satunya yakni program Berkobar hasil kreasi warga RW 15 Kelurahan Cicadas.

Sementara itu, ketua RW 15 kelurahan Cicadas, Sandi Jatnika mengatakan, pihaknya telah melakukan inovasi untuk menyiasati keterbatasan anggaran itu. Warga secara bersama-sama melakukan kegiatan berbagi koin barokah atau yang mereka sebut "Berkobar".

Kegiatan berawal dari pengalaman arus kas keuangan posyandu dana sehat, pemasukan dan pengeluaran mengalami ketidakseimbangan dimana pengeluaran lebih besar daripada pemasukannya, ditambah lagi dana sehat dari Posyandu masih sangat minim.

“Kami dari RW 15 Kelurahan Cicadas ini merasa bersyukur bisa keluar dari permasalahan yang terjadi dengan menerapkan kegiatan Berkobar, dan kegiatan ini menjadi sebuah solusi dimana setiap dua minggu hasil dari program ini pemasukannya bisa menghasilkan sekitar dua juta dan sebulan bisa mencapai hasil empat juta,” jelas Sandi dikutip Priangan Pos dari disposisi.com, Minggu (11/4/21).

Pengurus posyandu kelurahan Cicadas merasa sangat bersyukur dengan adanya kegiatan Berkobar ini, dan juga mengucapkan terima kasih kepada semua warga RW 15 yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Dari hasil itu sangat memudahkan bagi kami untuk bergerak dalam urusan ke-RW-an dalam segala hal, dan untuk semua yang telah menjadi pencapaian kami ini mudah-mudahan selalu menjadi berkah dan barokah, khususnya bagi wilayah dan masyarakat RW 15 bisa lebih maju dan berkembang lagi,” ujarnya.***

Penulis/Pewarta: Muhamad Basuki
Editor: Ibnu
©2021 PRIANGANPOS.COM

Komentar