210529053205-kelur.png

Lurah Cijagra, Tian Gustian, S.Sos (Foto : Ivul Vulgara)

Lurah Cijagra Targetkan ODF Diwilayahnya Capai 100 Persen

BANDUNG, PRIANGANPOS.COM - Sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Kota Bandung, Kelurahan Cijagra Kecamatan Lengkong Kota Bandung merupakan salah satu kelurahan yang telah siap dengan program ODF.

Ditemui di kantornya, Jumat (27/05), Lurah Cijagra, Tian Gustian menjelaskan bahwa wilayahnya sudah menjalankan serta mendukung program ODF yang menjadi program pemerintah.

Program Open Defecation Free (ODF) ini merupakan kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar (BAB) sembarangan adalah salah satu program yang digagas Pemkot Bandung melalui Forum Bandung Sehat (FBS) dengan tujuan menciptakan Bandung Sehat.

Ia menyebutkan program ODF diwilayahnya telah mencapai 80 persen. "Sisanya kami melakukan sosialisasi kepada warga untuk tidak BAB sembarangan kesungai," ujar Tian.

Diharapkan Tian, adanya sinergi yang baik antara semua lapisan masyarakat termasuk pengurus kewilayahan RT/RW,LPM, dan lainnya untuk bersama merealisasikan program tersebut untuk mencapai target 100 persen.

Disinggung mengenai anggaran, Tian Menjelaskan bisa menggunakan dana PIPPK atau swadaya masyarakat yang dikelola pengurus kewilayahan RT/RW.

Selain program ODF, pihaknya juga memiliki program terobosan lainnya, yakni Aplikasi Pelayanan Berbasis Whatshap, aplikasi yang dirasa sederhana ini cukup memudahkan pelayanan antara masyarakat dengan pihak kelurahan, sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor keluruhan, hal ini dilakukan agar memudahkan masyarakat dalam pelayanan, kami memiliki Jargon yaitu 'Peladuk Celawak', semoga dengan program tersebut dapat memudahkan masyarakat dalam mengurus surat surat keperluannya,"pungkasnya.***

Penulis/Pewarta: Ivul Vulgara
Editor: Ivul Vulgara
©2021 PRIANGANPOS.COM

Komentar