210529054158-kelur.png

Lurah Margasari Memed, S.Sos.M.si (Foto : Ivul Vulgara)

Kelurahan Margasari Kecamatan Buahbatu Targetkan ODF Hingga 100 persen

BANDUNG, PRIANGANPOS.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya agar Kota Bandung mencapai Open Defecation Free (ODF) 100 persen. Terlebih ODF merupakan salah satu program unggulan Pemkot Bandung.

Agar target tersebut tercapai, butuh partisipasi seluruh warga Kota Bandung untuk memiliki sanitasi yang layak. Ketua Forum Bandung Sehat, Siti Muntamah menyambut baik masyarakat Kota Bandung yang mempunyai semangat untuk menghadirkan lingkungan yang baik dan sehat. Salah satu penilaian tersebut terlihat melalui keinginan untuk memiliki sanitasi yang layak.

“Artinya warga Kota Bandung meningkat ‘awareness’ nya keterkaitan dengan Buang Air Besar (BAB) sembarangan,” ujarnya pada program Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Kelurahan Margasari Kecamatan Buahbatu Kota Bandung, merupakan salah satu kelurahan yang siap dengan program ODF yang dicanangkan oleh Pemkot Bandung.

Lurah Margasari, Memed saat ditemui Priangan Pos mengatakan, kesiapan wilayahnya dalam menjalankan serta mendukung program ODF di wilayah Margasari telah mencapai kurang lebih 80 persen, sedangkan sisanya kami melakukan sosialisasi kepada warga untuk tidak BAB sembarangan atau membuang tinja langsung ke sungai.

Memed mengharapkan terjadi kersajasama antara semua lapisan masyarakat, termasuk kepengurusan RT/RW, LPM dan lainnya untuk bersama sama merealisasikan program tersebut untuk mencapai target 100 persen.

Disinggung mengenai anggaran, Memed mengatakan, bahwa pihaknya dapat menggunakan dana PIPPK atau swadaya masyarakat yang dikelola pengurus kewilayahan RT/RW.

Selain program tadi, adapun beberapa program yang telah dilakukan pihaknya diantaranya program Stunting bagi ibu hamil serta program program lainnya demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat diwilayah Kelurahan Margasari, dalam hal ini pihaknya adanya sinergitas antara masyarakat dengan pihak kelurahan, sehingga dapat mewujudkan serta merealisasikan program program pemerintah, khususnya Pemerintah Kota Bandung," pungkasnya.***

Penulis/Pewarta: Ivul Vulgara
Editor: Ivul Vulgara
©2021 PRIANGANPOS.COM

Komentar