210717132029-kapol.jpg

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat mengunjungi Posko PPKM Mikro Kelurahan Kebonjayanti, Kota Bandung (Foto: Mulyadi)

Kapolri Kunjungi Posko PPKM Mikro Kel. Kebonjayanti

BANDUNG, PRIANGANPOS.COM - Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Kelurahan Kebonjayanti, Kecamatan Kiaracondong, dikunjungi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kamis (15/7/2021).

Kelurahan Kebonjayanti dinilai berhasil menekan penyebaran Covid-19 bahkan sejak pandemi mulai menyebar di wilayah Kota Bandung dan daerah lainnya.

Lurah Kebonjayanti Abdul Manaf (kiri) bersama Kepala UPT Puskesmas Babakan Sari dr. Gemi Hafitiani Otafirda (kanan). (Foto: Mulyadi)

Dalam kunjungannya, Kapolri memberikan apresiasi atas kinerja Lurah Kebonjayanti dan jajarannya, sehingga wilayah yang demikian padat berhasil mengedukasi warga sehingga Kelurahan Kebonjayanti masih berpredikat zona hijau.

"Kuncinya adalah tidak boleh banyak interaksi, maka dari itu diperlakukan PPKM Darurat. Kita tidak mengharapkan ini namun harus menjadi upaya pemerintah mencegah laju pertumbuhan," kata Sigit di lokasi, Kamis (15/7/2021).

Sigit menjelaskan total kasus positif Covid-19 di wilayah ini 8 kasus. 6 Di antaranya sembuh, sedangkan dua lainnya meninggal dunia. Adapun 7 RT di wilayah ini berstatus zona hijau Covid-19.

Kondisi yang juga disorot, letak posko PPKM mikro di permukiman warga ini dekat dengan stasiun kereta api dan pasar, di mana sangat rentan terpapar Covid-19. Faktanya, tidak ada kasus Covid-19 di permukiman tersebut saat ini.

Sigit juga menerima laporan 400 warga setempat sudah divaksin Covid-19 hingga kemarin, 14 Juli. Penanganan Covid-19 yang dinilai berhasil di Kelurahan Kebonjayanti, menjadikan permukiman ini keluar sebagai juara satu PPKM Mikro terbaik level Polrestabes Bandung dan di level Polda Jabar.

"Langkah-langkah sudah bagus, kerjasama di PPKM ini sudah bagus antara nakes (tenaga kesehatan), perangkat, bhabinkamtibmas dan babinsa," puji Sigit.

Dia mewanti-wanti, meski berstatus zona hijau, namun warga dan perangkat lingkungan tak boleh lengah dengan protokol kesehatan (prokes). Dengan kerja sama yang baik, ia yakin angka penularan Covid-19 bisa ditekan.

Mantan Kabareskrim Polri ini menyatakan bahwa Polri akan membantu memberikan bantuan sosial kepada warga di masa PPKM darurat. Sebanyak 1.000 paket sembako akan disebar untuk warga terdampak PPKM darurat.

"Segera lakukan pendataan pak Kapolsek dan Danramil lalu laporkan Kapolres dan Kapolda untuk segera distribusikan bantuan sosial PPKM darurat," pungkas Sigit.***

Penulis/Pewarta: Muhamad Basuki
Editor: Ibnu
©2021 PRIANGANPOS.COM

Komentar