210910064514-dewan.jpg

()

Dewan Dukung Inovasi Generasi Muda di Sektor Pertanian

BANDUNG, PRIANGANPOS.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Tedy Rusmawan mendorong agar generasi muda di Kota Bandung, terus berinovasi dalam sektor pertanian.

Hal tersebut Tedy dalam peluncuran Buruan SAE (Pekarangan Sehat, Alami, Ekonomis) Tahun 2021, di Saung Angklung Udjo, Jalan Padasuka, Bandung, Kamis (9/9/2021). Acara ini juga dihadiri Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

"Jadi kita mendorong agar DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian) Kota Bandung, untuk melibatkan anak muda. Karena dengan adanya anak muda akan lebih banyak inovasi dan kreatifitas," ujarnya.

Menurut Tedy, salah satu inovasi petani milenial yakni buah anggur yang unik dan memiliki rasa yang segar, dan merupakan produk dari Buruan SAE. Dengan demikian, Buruan SAE yang selama ini identik dengan tanaman kangkung atau sayur pakcoy, kini bisa menghadirkan kreasi-kreasi baru.

"Jadi ada sesuatu yang baru dan itu muncul dari petani milenial. Maka kita berharap RW lain bisa mengikutinya," ujarnya.

Tedy menambahkan, Gebyar Buruan SAE merupakan bagian dari pemulihan ekonomi di Kota Bandung, sehingga dengan menghidupkan pertanian maka akan ada solusi terkait ketahanan pangan.

Lebih jauh, saat ini ada 140 lebih area Buruan SAE yang tersebar di Kota Bandung. Pada 2022 ditargetkan ada 1.500 unit Buruan SAE. Dengan kata lain, program tersebut hadir di setiap RW.

"Kita konsepnya kolaborasi, ada dari pindad, Tel-U, BRI dan PLN, bahwa kegiatan yang ada manfaatnya maka pihak swasta juga ikut memberikan support. Intinya pemerintah memberikan ruang dan kesempatan, dan tidak selalu bergantung pada APBD. Terlebih hari ini dengan kondisi pandemi," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi B DPRD Kota Bandung, Hasan Faozi mengungkapkan dukungannya kepada generasi muda atau milenial, agar semakin aktif di sektor pertanian atau ketahanan pangan.

"Adanya inovasi atau kreasi baru artinya milenial aware dan mau turun. Ini perlu terus digiatkan, dan kami Komisi B mendukung dan men-support hal ini," ujarnya.* (Rio)

Penulis/Pewarta: Tim Priangan Pos
Editor: Ibnu
©2021 PRIANGANPOS.COM

Komentar