210616224537-guna-.jpg

Kades Panembong, Kecamatan Bayongbong Garut, Yanto Kriswanto (kanan), saat diwawancarai Priangan Pos, Rabu (15/6/2021). (Foto : Ivul Vulgara)

Kades Panembong: Covid-19 Bukan Aib, Ikuti Prokes Sebagai Bentuk Ikhtiar

GARUT, PRIANGANPOS.COM - Pemerintah Desa Panembong, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut beberapa waktu lalu melaksanakan penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Panembong, Yanto Kriswanto, saat ditemui Priangan Pos, Selasa (15/6/2021).

Menurutnya, saat ini terdapat warga desa yang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 3 orang, yakni terdiri dari seorang ibu dan dua orang anak. 

"Seorang ibu dan dua anaknya, yang pertama itu ibunya, setelah itu kami dari Pemerintah Desa bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid-19 tingkat Desa dan UPT Puskesmas Cilimus melakukan tracing dan rapid antigen, maka didapatkan dua anaknya terkonfirmasi Covid-19," terang Yanto.

Selanjutnya, warga tersebut diintruksikan untuk melakukan karantina mandiri di rumahnya guna mencegah penularan kepada warga lain.

Pemerintah Desa serta jajarannya dan pihak-pihak terkaitpun melakukan penyemprotan, terutama di tempat yang terindikasi terdapat warga yang terpapar Covid-19.

Desa dengan 41 RT dan 8 RW ini, termasuk desa dengan pasien Covid-19 terkecil dibanding desa-desa lain. Disamping itu, Pemerintah Desa Panembong juga sudah melaksanakan pemberian vaksin untuk aparat desa serta jajarannya, sampai kepada pengurus RT/RT di Desa tersebut.

Saat ditanya ihwal sebagaian warga yang mulai 'kendor' melaksanakan protokol kesehatan, Kades menuturkan bahwa hal tersebut sudah diantisipasi, pihaknya sudah melakukan langkah preventif dan edukasi pada warga.

"Sosialisasi sudah kami lakukan, kadang melalui pengeras suara di masjid, pada saat kegiatan dan lain-lain,"ujarnya.

Kades menghimbau kepada seluruh warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes) sesuai anjuran pemerintah.

Dalam perbincangan terakhir, Kades Yanto berharap, bahwa semoga Pandemi Covid -19 saat ini cepat usai, sehingga kita semua bisa kembali normal dan dapat melaksanakan rutinitas pekerjaannya seperti hari-hari sebelumnya.***

Penulis/Pewarta: Ivul Vulgara
Editor: Ibnu
©2021 PRIANGANPOS.COM

Komentar