211127230649-banji.png

Salah satu wilayah terdampak Banjir di wilayah Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut,Sabtu (27/11/2021). (Foto: Reni)

Banjir Bandang di Kec. Sukawening, Tiga Motor Hanyut, Beberapa Rumah Terendam Sampai Atap

SUKAWENING, PRIANGANPOS.COM - Hujan deras yang terjadi terus-menerus mengguyur wilayah Kabupaten Garut kembali menyebabkan terjadi banjir bandang. Kali ini banjir bandang melanda wilayah kawasan Kecamatan Sukawening, Sabtu (27/11/2021) Sore.

Informasi yang dihimpun reporter prianganpos.com di lokasi kejadian, banjir bandang di Sukawening paling parah melanda Kampung Ciloa, Desa Sukamukti. Air meluap dari sungai dan menerjang permukiman serta lahan pesawahan warga sehingga menimbulkan kerusakan parah.

Saat ini puluhan rumah terdampak bahkan beberapa di antaranya ada yang rusak berat dan terbawa arus. Selain Kampung Ciloa, banjir bandang juga melanda sejumlah kampung lainnya di antaranya Mulabaruk, Munjul, Bangkonol, dan Cipeucang.

Menurut salah seorang ketua RT, di kampung Ciloa, tiga buah motor hanyut terbawa arus, sementara beberapa kebun dan sawah juga rusak parah.

Menyikapi kejadian ini, beberapa lembaga di sekitar tempat kejadian diantaranya Nisin Fondation yang didukung KNPI Kecamatan Sukawening, PII, dan LMDH menerima dan menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk para korban yang terdampak banjir. 

Menurut Teten, ketua Nisin Foundation, masyarakat terdampak perlu bantuan secepatnya, maka uluran tangan dari masyarakat sangat dibutuhkan.

"Kejadian banjir ini mengakibatkan ada sekitar dua sampe tiga rumah yang hanyut diterjang banjir, dan banyak sekali kerugian material, dan tidak ada korban, maka kami selaku relawan dari nisin foundation akan menampung dana bagi donatur yang akan menyalurkan bagi korban bencana yang menimpa dua kecamatan," ujar Teten.

Sebelumnya, sejumlah video peristiwa banjir bandang di wilayah Sukawening ini juga beredar luas di media sosial. Dalam video terlihat dahsyatnya terjangan air yang melanda pemukiman warga hingga ada rumah yang ambruk dan terseret arus.***

Penulis/Pewarta: Wildan Abdul G
Editor: Ibnu
©2021 PRIANGANPOS.COM

Komentar