220204051633-bupat.jpg

(Foto: Humas Pemkab Garut)

Bupati Resmikan Gedung Baru Markas dan Unit Donor Darah PMI

TAROGONGKIDUL, PRIANGANPOS.COM - Bupati Garut, Rudy Gunawan meresmikan Gedung Markas dan Unit Donor Darah PMI Kabupaten Garut yang berlokasi di Jalan Proklamasi, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (2/3/2022). Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Pusat, Sudirman dan Ketua PMI Provinsi Jawa Barat, Irjen Pol (Purn) Adang Rochjana, dan Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Garut.

Dalam sambutannya, Bupati Garut mengucapkan selamat atas diresmikannya gedung baru Markas dan Unit Donor Darah PMI Kabupaten Garut yang representatif. Ia juga menuturkan pihaknya akan selalu memberikan dorongan kepada PMI Kabupaten Garut agar lebih baik lagi.

“Jadi PMI akan selalu paling depan, baik terhadap hal hal kesulitan. Semoga ini menjadi amal ibadah bagi kita semua karena ini sesuatu yang berhubungan dengan kemanusiaan,” ungkapnya.

Disisi lain, Bupati Garut juga berterimakasih kepada relawan terutama dari PMI Kabupaten Garut yang telah mengabdikan diri selama 2 tahun mengadapi pandemi Covid-19. Ia berharap, seluruh pihak dapat meningkatkan kewaspadaannya terhadap kasus Covid-19 yang saat ini sedang melonjak kembali.

“Nah oleh sebab itu kita harus hati hati patuhi protokol kesehatan dan kita juga harus memberlakukan keadaan ini tetap keadaan darurat karena ini masih pandemi belum endemi,” ucap Bupati Garut.

Di tempat yang sama, Wabup Garut juga selaku Ketua PMI Kabupaten Garut, dr. Helmi Budiman menuturkan bahwa pembangunan gedung PMI Kabupaten Garut yang memiliki luas kurang lebih 814 meter berasal dari hibah yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Garut melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) selama 2 tahun anggaran dengan total 2,35 miliar rupiah.

“Alhamdulillah gedung ini adalah salah satu nikmat yang Allah berikan, perlu saya sampaikan gedung PMI ini adalah luas lantai satunya 407 meter jadi kalau dengan lantai 2 kurang lebih 814meter , alhamdulillah selesai berkat bantuan hibah dari APBD Kabupaten Garut,” kata dr. Helmi.

Ia menuturkan, pihaknya akan selalu memelihara dan menjaga gedung baru ini dikarenakan sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi nyawa seseorang.

“Pak Bupati sering menyampaikan bahwa PMI ini menjalankan tugas tugas negara karena darah itu tidak ada lagi yang menyiapkan kecuali PMI, dan mudah mudahn itu sangat kita vital bagi kehidupan bagi nyawa seseorang,” katanya..

Sementara itu, Sekjen PMI Pusat, Sudirman menuturkan, menurut undang-undang bahwa pelaksana kegiatan palang merah adalah dua, yaitu nomor satu pemerintah dan nomor dua adalah gerakan palang merah itu sendiri.

“Salah satu wujud konkretnya adalah hari ini kita disini menyaksikan peresmian gedung yang merupakan gabungan antara inisiatif masyarakat dan kontribusi dari pemerintah daerah,” ungkapnya.

Sudirman juga memberikan apresiasi kepada Bupati Garut bersama jajaran Pemkab Garut yang telah memberikan bimbingan, pengarahan, dan dukungan dalam segala bentuk kepada kegiatan PMI terutama di Kabupaten Garut.***

Penulis/Pewarta: Muhamad Basuki
Editor: Ibnu
©2022 PRIANGANPOS.COM

Komentar