Program Ajengan Masuk Sekolah, Upaya Pemeritah Tanamkan Moral dan Akhlak Pada Siswa

230801073158-progr.jpg

(Foto: majalahsora.com)

SOREANG, PRIANGANPOS.COM - Pemerintah Kabupaten (pemkab)Bandung Jawa Barat meluncurkan program Ajengan (ustadz) masuk sekolah.

Peluncuran program tersebut dilakukan oleh Bupati Bandung Dadang Supriatna yang berlangsung di SMAN 1 Pangalengan Bandung, Kamis (27/7/23)

Menurut Bupati Dadang supriatna, Program Ajengan masuk sekolah merupakan upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan visi Kabupaten Bandung yang agamis.

Program ini akan di sesuaikan dengan kegiatan dan kurikulum yang telah ada di sekolah-sekolah di Jawa Barat.

Pemerintah provinsi (pemprov) Jawa Barat telah menunjuk 300 Ajengan untuk terlibat dalam AMS (Ajengan Masuk Sekolah).

Ajengan Masuk Sekolah (AMS) merupakan program pemerintah provinsi Jawa Barat yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai moral dan akhlak kepada para siswa dan siswi sekolah menengah tingkat atas (SMA) yang akan disampaikan langsung oleh para guru PAI atau kyai yang bersumber dari kitab kuning safinah atau riyadul badi'ah untuk nembentengi generasi muda dari dampak buruk perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

Selain itu juga untuk meningkatkan Budaya mengaji yang target utamanya para siswa di sekolah tingkat SMA.

Kecintaan kepada Al Qur'an, keimanan, ketakwaan serta pendidikan karakter sangat penting untuk menjawab tantangan globalisasi dan era bonus demografi, generasi muda harus di tingkatkan kualitasnya dengan ilmu agama untuk menghadapi situasi masa depan.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk membentengi generasi muda dari perkembangan zaman dan teknologi namun generasi muda belum menunjukan perubahan yang lebih baik, semua ini perlu peran dari semua pihak baik individu, masyarakat maupun negara.

Orang tua harus selalu melakukan kontol terhadap penggunaan jaringan agar terlihat terbuka, negara juga melakukan self censor agar masyarakat pintar dalam memilih informasi.

Para tokoh agama dan ulama berperan dalam mendidik moral bagi umat, selain itu dengan melakukan pembinaan kepada generasi muda untuk kembali pada agama Allah menjalankan kehidupan sesuai aturan yang Allah berikan akan membentuk generasi muda yang bermoral dan berakhlak mulia. *** (Indun Tri Parmini)

Editor: Ibnu
©2023 PRIANGANPOS.COM

Komentar