Surat Pembaca - Mohon Perhatian Pemerintah Kabupaten Bandung

220804142558-surat.jpg

(Foto: penulis/Istimewa)

Bismillah..
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Mohon Perhatian Pemerintah Kabupaten Bandung

Jembatan di Desa Nanjung kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, dikeluhkan warga mengingat kondisi jembatan tersebut bergoyang saat dlintasi kendaraan besar, selain itu besi penghalang dan penopangnya juga terlihat rusak dan usang, kemudian kondisi jalan yang tidak lebar termasuk trotoarnya terlihat sempit (jabar.tribunnews.com, 27/7) sehingga warga berharap kondisi jembatan itu segera diperbaiki.

Alhamdulillah, keluhan warga di tindak lanjuti oleh Bupati Bandung, Bapak Dadang Supriatna dengan melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, meskipun beliau menuturkan pula bahwa sebenarnya jembatan Nanjung bukanlah kewenangan Pemerintah Kabupaten Bandung, melainkan kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Kompas.com)

Menanggapi hal tersebut, sebagai bagian dari warga Kabupaten Bandung, hanya ingin mengingatkan dan menyampaikan, bahwa penyediaan infrastruktur termasuk jembatan didalamnya adalah tugas dan tanggung jawab Pemerintah, baik Pusat, Provinsi ataupun Daerah. Harapannya dalam pelaksanaan pembangunan atau perbaikan infrastruktur tersebut, jangan sampai menunggu jatuh korban dulu baru ada tindak lanjut, begitu pula dari sisi anggaran jangan sampai ada prioritas yang Keliru, semisal anggaran untuk renovasi kantor Bupati yang sebenarnya tidak urgent, dan juga kondisinya masih bagus sudah disiapkan sementara sarana umum yang dibutuhkan warga untuk beraktivitas dan butuh segera diperbaiki diabaikan atau tidak di prioritaskan.

Dari permasalahan ini, jadi teringat pada kisah Umar bin Khattab Ra, Sang Khalifah kedua yang begitu ketakutan saat mengetahui ada jalan yang berlubang, beliau berkata: "Seandainya ada kambing yang terperosok lubang di Hadramaut (Iran) maka aku bertanggung jawab terhadapnya.. Maa Syaa Allah..inilah sosok pimpinan yang tentunya sangat dirindukan,
beliau menyadari sepenuhnya bahwa kepemimpinan adalah sebuah amanah yang akan diminta pertanggung jawabannya oleh Allah SWT

Semoga pemimpin di Negeri ini pun memiliki kesadaran dan tanggung jawab dalam mengurusi urusan rakyat termasuk dalam pembangunan infrastruktur, karena kelak mereka akan di hisab di Akhirat kelak..

Wassalam..
@Erni Ummu Fairuz (Ibu Rumah Tangga)
Warga Desa Bojongsoang, Kabupaten Bandung

Seluruh materi dalam naskah ini merupakan tanggung jawab pengirim. Gugatan, somasi, atau keberatan ditujukan kepada pengirim.

Komentar