220414215323-pria-.jpeg

Seorang pria tanpa identitas yang ditemukan di daerah Cangkuang, Kab. Bandung akhirnya meninggal dunia dan dimakamkan di Firdaus Memorial Park, Cikalong Wetan. (Foto: Sinergi Foundation/dok)

Pria Tanpa Identitas yang Ditemukan Tergeletak di Cangkuang Akhirnya Meninggal Dunia

BANDUNG, PRIANGANPOS.COM - Seorang pria tanpa identitas (Mr. X) ditemukan warga tergeletak dengan kondisi mengkhawatirkan di daerah Cangkuang, Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, pria tersebut dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk menjalani perawatan. Diperoleh informasi, hasil diagnosa dokter menunjukkan pria terebut mengalami radang paru-paru, darah rendah, dan gangguan fungsi trombosit.

Siti Fatmawati, Ketua Yayasan Sadar Peduli Negeri (SPIN) menyebutkan, setelah menjalani perawatan selama seminggu di Rumah Sakit Al Ihsan Bandung, tanggal 14 April 2022, pria tersebut dinyatakan meninggal dunia.

"Warga melapor ke RT/RW dan pihak Puskesos minta bantuan ke kami. Segera kami tindak lanjuti dengan membawa beliau ke Rumah Sakit Al Ihsan. Menjalani perawatan selama seminggu, dan qadarullah meninggal hari ini," ujar Siti dalam keterangannya kepada Priangan Pos, Kamis  (14/4/2022).

Siti mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan pencarian untuk keluarga yang bersangkutan di sekitar lokasi penemuan, grup relawan, hingga media sosial. Namun tidak ada yang mengenali. Tanpa kenalan dan keluarga, jenazah Mr. X pun dimakamkan di Firdaus Memorial Park (FMP) - Sinergi Foundation yang berlokasi di Cikalong Wetan.

Dijelaskan, FMP sebagai Taman Pemakaman Muslim berbasis wakaf, tak hanya dibangun untuk memafsilitasi para wakif memperoleh amalan jariyah sekaligus kavling pemakaman yang asri, nyaman dan syar’i, pemakaman ini juga dipersembahkan untuk kaum dhuafa.

Karena itu para dhuafa yang berkesulitan membayar biaya pemulasaraan hingga pemakaman akan difasilitasi secara gratis melalui donasi dari para donatur. Mulai dari biaya penggalian kubur, kain kaffan, peralatan memandikan jenazah, operasional mobil pengantaran jenazah, dan biaya perawatan makam.

"Sebanyak 33 masyarakat yang berasal dari kalangan dhuafa telah mendapat pelayanan pemakaman gratis di FMP. Insya Allah, menjadi solusi di tengah tingginya biaya pemakaman di perkotaan," katanya.

Saat ini FMP telah hadir di 3 lokasi, Cikalong Wetan KBB, Nagrog Ujung Berung Kota Bandung, dan Sukaluyu Bogor.

Penulis/Pewarta: Muhamad Basuki
Editor: Ibnu
©2022 PRIANGANPOS.COM

Komentar