220912091453-sejar.png

(Foto: Screenshoot google.com)

Doodle Google hari ini Menampilkan Mangkuk Ayam Jago, Yuk Intip Sejarahnya!

BANDUNG, PRIANGANPOS.COM - Google Search Engine hari ini (12/9/22) menyajikan google doodle dengan tema "mangkuk ayam jago".

Google Doodle adalah perubahan logo khusus dan sementara di beranda Google yang dimaksudkan untuk memperingati liburan, acara, prestasi, dan tokoh sejarah terkemuka.

Generasi X atau generasi Baby Boomer atau generasi pra milenial, yaitu generasi dengan kelahiran 1965-1980 dan Baby Boomer yaitu generasi kelahiran 1946-1964 biasanya tidak asing dengan keberadaan "mangkuk ayam jago" ini.

Di Indonesia, mangkuk ini dikenal sebagai mangkuk bakso, mie ayam, atau bubur.

Dilansir wikipedia, Mangkuk ayam jago (Thai: ชามตราไก่, Chiu Chow: Koi Ua) bermula di Tiongkok sepanjang seratus tahun lalu oleh masyarakat Hakka di Provinsi Guangdong.

Disebutkan pada masa lalu, mangkuk ayam jago adalah mangkuk putih biasa tanpa gambar apapun. Saat dirampungkan, mangkuk-mangkuk tersebut dikirim untuk pewarnaan di distrik Pang Khey.  

Setelah itu, gambar ayam jago digambarkan pada mangkuk, ayam jago yang digambarkan memiliki leher dan badah merah, ekor dan kaki hitam yang berjalan di atas rumput hijau, dengan poni ungu dan rerumputan hijau dipotong dengan garis hitam.

Terdapat bunga dan daun kecil di bawah mangkuk tersebut. Kualitas mangkuk tersebut bersifat sangat tahan lama, dan kecantikan gambar tersebut membuat mangkuk ayam jago menjadi mangkuk Tionghoa standar.

Terpilihnya, mangkuk ayam jago sebagai Google Doodle lantaran Pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ayam Lampang sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada 12 September 2013.

"Peralatan dapur tahan lama ini sangat populer di Asia sehingga pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ayam sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada hari ini di tahun 2013." demikian tertulis di penjelasan Google.

Ini berarti hukum perdagangan internasional menegaskan kualitas dan reputasi mangkuk ayam jago yang dibuat di wilayah tersebut!

Penulis/Pewarta: Muhamad Basuki
Editor: Ibnu
©2022 PRIANGANPOS.COM

Komentar