221118200154-siner.jpeg

(Foto: Sinergi Foundation/dok)

Sinergi Foundation Menjadi Salah Satu Rujukan Kunjungan Pengelolaan Program Wakaf

BANDUNG, PRIANGANPOS.COM - Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia, di mana apabila dilihat dari perspektif wakaf, Indonesia memiliki potensi wakaf yang besar.

Menurut Badan Wakaf Indonesia (BWI) potensi aset wakaf di Indonesia sekitar Rp 2.000 triliun, sementara untuk potensi wakaf uang di Indonesia mencapai Rp 180 triliun. Namun, realisasi pengumpulan potensi wakaf dengan jumlah yang besar tersebut belum dapat dilakukan secara optimal.

Sinergi Foundation sebagai lembaga pengelola wakaf, zakat, infak-sedekah berusaha untuk mengoptimalkan potensi wakaf yang ada di Indonesia dengan menginisiasi pengelolaan program wakaf dengan pengembangan inovasi program sosial pemberdayaan, salah satunya melalui wakaf produktif. Juga mempunyai visi sebagai lembaga yang dapat menjadi rujukan pengelolaan wakaf.

Upaya yang turut dilakukan oleh Sinergi Foundation untuk mengoptimalkan potensi wakaf yang ada di Indonesia yaitu dengan mengembangkan inovasi pengelolaan wakaf produktif dengan melakukan kerjasama serta kolaborasi dengan berbagai pihak yang ahli di bidangnya, salah satu contoh pengelolaan wakaf produktif yaitu di bidang kuliner yang kini tengah berjalan, Rumah Makan Ampera Pasteur berlokasi di Kota Bandung.

Seperti yang disampaikan Asep Irawan selaku CEO Sinergi Foundation, dalam pengelolaan wakaf produktif, dana yang disalurkan kepada Sinergi Foundation yang kemudian menjadi amanah bagi Sinergi Foundation dikelola kembali dengan cara berkolaborasi bersama dengan para ahli dalam berbagai bidang yang digeluti.

“Sinergi Foundation menyadari bahwa kita bukan ahli ilmu, ahli amal maupun pengusaha. Maka amanah berupa penitipan dana tersebut dari jauh-jauh hari kita kolaborasikan juga dengan muslimpreneur, pengusaha-pengusaha muslim,” tuturnya.

Selain itu dalam upaya yang dilakukan oleh Sinergi Foundation untuk memaksimalkan potensi wakaf, dengan telah berkembangnya teknologi saat ini terutama penggunaan sosial media, Sinergi Foundation dapat melaporkan proses hingga hasil wakaf yang dikelola kepada masyarakat. Dengan kemudahan informasi yang dapat diakses secara luas, hal tersebut memberikan dampak di antaranya secara langsung maupun tidak langsung kegiatan yang dilakukan oleh Sinergi Foundation dapat dilihat oleh lembaga-lembaga filantropi lain.

Tak dapat dipungkiri banyak lembaga atau institusi yang tertarik dengan sistem pengelolaan wakaf yang diinisiasi oleh Sinergi Foundation. Sehingga hal tersebut menyebabkan banyak lembaga atau institusi yang ingin melakukan silaturahmi atau bahkan belajar tentang pengelolaan program wakaf yang terdapat di Sinergi Foundation.

Dalam satu bulan terakhir, Sinergi Foundation menerima kunjungan sebanyak tiga lembaga yang ingin bersilaturahmi sekaligus mengetahui manajemen pengelolaan program wakaf. Di antaranya kunjungan dari Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Kota Padang Panjang, Jumat (11/11/2022) bertempat di Aula Gedung Wakaf99 Sinergi Foundation. Saat kunjungan tersebut, pihaknya mengaku kunjungan ke Sinergi Foundation atas rekomendasi BWI Pusat.

Dalam setiap pertemuan terkait pembahasan program wakaf, Sinergi Foundation menjelaskan dengan rinci berbagai program masterpiece yang berkaitan dengan pengelolaan dana wakaf. Dimulai dari awal mula berdirinya program tersebut hingga cara untuk mempertahankan eksistensi program yang tengah ada agar terus dapat memberikan kebermanfaatan bagi umat.

Dalam mengoptimalkan potensi wakaf, hingga saat ini Sinergi Foundation telah mengelola berbagai program unggulan, di antaranya Taman Wakaf Pemakaman Muslim Firdaus Memorial Park (FMP), Wakaf Pendidikan Kuttab Al Fatih, Klinik Wakaf Ibu dan Anak RBC, dan Land of Waqf Teras Lembang.
Dengan adanya kerjasama atau kolaborasi antar lembaga dalam pengelolaan wakaf, diharapkan dapat memberikan ide dan gagasan untuk dapat mengembangkan potensi wakaf. Sehingga dapat memberikan kontribusi dan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia sebagai cara untuk pengurangan kesenjangan sosial, pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sinergi Foundation terbuka untuk saling berdiskusi dengan lembaga lainnya dalam mengelola potensi wakaf. Karena dengan jumlah yang diperkirakan, berarti masih banyak potensi-potensi yang belum dioptimalkan dengan baik.

Sinergi Foundation (SF) sendiri merupakan lembaga filantropi yang mengelola dana Wakaf, Zakat, Infak-Sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program inovasi sosial pemberdayaan. Dalam penyaluran dana ziswaf yang terhimpun, Sinergi Foundation memiliki beberapa program di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan sosial.***

Penulis/Pewarta: Muhamad Basuki
Editor: Ibnu
©2022 PRIANGANPOS.COM

TAGS:

Komentar