Sambung Asa Kehidupan

Kolaborasi UPZDK Permata Bank Syariah dan Sinergi Foundation Berhasil Perbaiki Jembatan Kramat

240831211739-kolab.jpeg

(Foto: Sinergi Foundation/doc)

PANDEGLANG, PRIANGANPOS.COM -Ribuan warga Kecamatan Angsana Kabupaten Pandeglang Banten patut berlega hati, sebab Jembatan Kramat, yang menghubungkan Kecamatan Angsana dan Sukaresmi tersebut telah diperbaiki oleh Sinergi Foundation yang bekerjasama dengan UPZDK Permata Bank Syariah

Setelah satu bulan lamanya dilakukan proses pemugaran, jembatan yang membentang sepanjang kurang lebih 30 meter tersebut hari ini baru saja diresmikan (26/08/2024) oleh Sinergi Foundation, UPZDK Permata Syariah bersama para pejabat setempat.

Direktur LAZ Sinergi Foundation Waeli Mohdan yang hadir turut meresmikan jembatan ini, mengatakan, jika keberadaan jembatan bukan hanya menyambungkan dari satu titik dengan titik yang lainnya. “Lebih dari itu, jembatan menghubungkan asa para warga akan kehidupan yang lebih baik,” katanya, Senin (26/08). Karena itu, dirinya menilai program memperbaiki jembatan bukan sebatas memugar atau mengganti satu komponen yang rusak dengan komponen yang lebih baik. Namun juga memberikan keleluasaan dan peningkatan taraf hidup masyarakat sekitar.

Lalu apa yang melatarbelakangi Sinergi Foundation, berkontribusi dalam program perbaikan jembatan Kramat ini? Waeli, sapaan akrabnya, menjelaskan, jika Jembatan Kramat ini merupakan simbol gotong royong dan kebersamaan masyarakat. Dikatakannya, meski sederhana jembatan ini mengandung nilai sejarah yang menginspirasi. “Warga mempertahankan jembatan ini, lantaran merupakan ikon persatuan dan kekuatan komunitas. Kisah Jembatan Kramat mengajarkan kita pentingnya arti kebersamaan dalam menghadapi tantangan,” sebutnya.

Karena itu, banyak hal yang harus diperbaiki dalam proses pengerjaannya. Mulai dari pengerjaan peninggian muka jalan, tiang pylon, dan anchor. Termasuk juga, sambungnya, memperbaiki pijakan dan bentangannya. “Sekarang Jembatan Kramat telah jauh lebih kokoh, dengan tiang dan alas dari besi, sehingga lebih aman dan nyaman untuk dilewati dibandingkan sebelumnya,” katanya.

Ketua UPZDK Permata Bank Syariah Habibullah mengatakan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dalam kebaikan ini. "Dampak dari program jembatan ini setidaknya 1200 masyarakat yang setiap hari menggunakannya, tentunya sangat membantu mereka menuju akses perekonomian, pendidikan dan akses kehidupan lainnya". Wakil Ketua UPZDK Permata Bank Syariah Awaludin Gumbira menambahkan sinergi kebaikan untuk umat ini harus diteruskan."Kolaborasi ini merupakan salah satu pilar UPZDK Permata Bank Syariah terkait infrastruktur dan pemberdayaan. Jembatan ini bukan hanya penghubung dua titik tetapi melalui jembatan ini semoga kedepannya melahirkan generasi-generasi terbaik pemimpin bangsa kedepannya sinergi kebaikan tentunya harus diteruskan."

Mendapati perbaikan jembatan, salah seorang warga bernama Pak Mamat berterimakasih sekaligus memberikan apresiasi terhadap program tersebut. Dirinya mengaku sangat terbantu dengan diperbaikinya Jembatan Kramat. “Perbaikan jembatan Kramat sangat bermanfaat bagi kami untuk meringankan dan juga memperlancar aktivitas harian para warga. Mulai dari yang ingin bekerja hingga anak-anak yang akan bersekolah,” katanya.

Mamat mengungkapkan, sebelum diperbaiki masyarakat begitu was-was jika harus melewati Jembatan Kramat. Lantaran kondisi yang seadanya, dengan tiang yang sudah kropos dan alas jembatan dari bambu yang lapuk dan banyak lubang. “Alhasil, untuk sampai ke daerah seberang itu kita harus memutar jalur hingga empat kilometer jauhnya,” katanya. “Tapi, sekarang kesulitan dan kekhawatiran itu tidak perlu lagi kami rasakan dengan dibangunnya kembali jembatan Kramat, kami ucapkan terima kasih,” tandasnya.*

Penulis/Pewarta: Muhamad Basuki
Editor: Ibnu
©2024 PRIANGANPOS.COM

TAGS:

Komentar