210404164441-ketua.jpeg

Ketua HPDKI Kec. Arjasari Kab. Bandung Usep Koswara (kiri) didampingi Ecep Hidayat. (Foto : Ivul Vulgara)

HPDKI Arjasari Harapkan Bantuan Pemerintah untuk Sarpras Kesenian Adu Domba

BANDUNG, PRIANGANPOS.COM - Setiap daerah tentunya memiliki kesenian yang berbeda. Begitu pula di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung, dimana kesenian ketangkasan adu domba masih perlu dilestarikan agar tidak punah.

Belum lama ini, Minggu (04/04/21) Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung menggelar Ketangkasan Adu Domba.

Menurut Ketua HPDKI Kecamatan Arjasari, Usep Koswara didampingi Ecep Hidayat mengatakan, bahwa kesenian adu domba perlu dilestarikan dengan maksud meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, khususnya generasi muda peternak domba agar termotifikasi, sehingga para peternak domba tersebut, selain meningkatkan taraf hidup para peternak juga dapat mengurangi angka pengangguran.

Kesenian ketangkasan adu domba, sarana hiburan masyarakat yang perlu dilestarikan dan dibantu Pemerintah. (Foto: Ivul Vulgara)

Acara yang digelar di lapangan Kota Baru Desa Arjasari Kab. Bandung ini mendapat antusiasme masyarakat, khususnya para peternak domba yang memenuhi lapangan sejak pagi hari. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang berjumlah kurang lebih 150 peserta yang ikut dalam ketangkasan adu domba yang digelar.

Sementara acara adu domba yang terbilang seru sekaligus sebagai hiburan masyarakat banyak, juga diadakan Door Prize seperti Acessories Domba, TV, Kompor Gas dan hadiah hadiah hiburan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Usep maupun Acep mengharapkan kepada Pemkab Bandung khususnya dan Umumnya kepada Pemerintah Pusat agar dapat membuat sarana dan prasarana yang cukup memadai. Mereka berharap agar seni ketangkasan adu domba ini tidak punah, sehingga warisan budaya yang saat ini digelarnya semoga dapat meningkatkan taraf hidup khususnya para peternak domba, sehingga dapat termotifikasi untuk dapat beternak dan metawat domba-domba adunya lebih baik lagi, "pungkasnya.***

Penulis/Pewarta: Tuti Suhartati
Editor: Ivul Vulgara
©2021 PRIANGANPOS.COM

Komentar