210423144429-hari-.jpeg

Sejumlah penari dari sanggar Bongkeng Art Space menari di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda, Bandung, Kamis (22/4/2021). (Foto: Istimewa)

Hari Bumi Sedunia 2021: Alam Semesta Adalah Rumah Kita, Rawat Dia dengan Baik

BANDUNG, PRIANGANPOS.COM - Hari Bumi atau Earth Day yang jatuh setiap 22 April 2021 diperingati berbagai kalangan dengan cara yang beragam. Kendati demikian, ide sentral dari peringatan tersebut adalah gerakan menyuarakan kesadaran publik tentang keadaan planet kita.

Salah seorang pegiat seni asal Bojongkoneng Kota Bandung, Deden Bulenk, menggelar acara Peringatan Hari Bumi Sedunia dengan tema "Geliat Tubuh Untuk Bumi".

Deden menjelaskan, tema Hari Bumi tersebut sebagai implementasi pada proses alami bagaimana kita menjaga dan merawat bumi ini dengan baik, semua masyarakat yang ada di bumi membutuhkan bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, mata pencaharian, kesehatan dan keberlangsungan hidup.

Kegiatan tersebut melibatkan beberapa penari dan digelar di tiga tempat terpisah. Mereka menari selama tujuh jam non-stop di tiga tempat tersebut.

"Penari terdiri dari Supriyadi, Ridwan Zaenal Mutakin, Sekar Arum Kirana Dewi, Anggi Agustiawarman, Tegar Pamungkas, dan Guntara Wijaya. Dimana mereka akan menari selama tujuh jam tanpa henti di tiga lokasi berbeda, Bongkeng Arts Space, Puri Bambu, Dago Pakar," jelas Deden dalam keterangan tertulisnya kepada Pena Bandung, Kamis (22/4/2021).

Deden mengharapkan, dengan adanya peringatan Hari Bumi Sedunia Tahun 2021 ini masyarakat Indonesia khususnya warga Kota Bandung mampu meningkatkan penghargaan terhadap lingkungan sekitarnya dengan tidak berlaku semena mena terhadap lingkungan.

"Tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan limbah, tidak membuang sampah sembarangan dan harus mampu menghemat air sesuai dengan kebutuhan. Serta meningkatkan kesadaran publik untuk menjaga lingkungan yang ada di bumi," jelasnya.

Deden menghimbau, alam semesta merupakan rumah kita oleh karena itu kita harus menjaga dan merawatnya dengan baik, alam semesta telah memberikan kehidupan untuk kita semua, dan kita harus sadar bahwa kita merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan.***

Artikel ini telah tayang di penabandung.com dengan judul Peringatan Hari Bumi Sedunia 2021: Geliat Tubuh untuk Bumi, https://penabandung.com/pendidikan/884/peringatan-hari-bumi-sedunia-2021-geliat-tubuh-untuk-bumi.htmlPenulis/Pewarta: Muhamad Basuki, Editor: Asep el-Abbas

Editor: Ibnu

Komentar